Bisnis Warung Bakso

Bisnis Warung Bakso - Bisnis di bidang makanan dan minuman selalu menjanjikan dan ada banyak ragamnya.Salah satunya buat anak muda yang suka berkumpul dan nongkrong.Namun bukan itu saja tapi lebih kepada mengisi perut, pertemuan bisnis, atau hanya tempat untuk ngobrol.

Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah familiar dengan jajanan bakso.Penjaja makanan ini mudah sekali ditemukan di pinggir jalan hingga di mall.Makanan ini sering dijadikan menu untuk makan siang atau malam dengan teman atau keluarga untuk memenuhi kebutuhan makan entah itu hanya untuk ngobrol, ngumpul dengan teman atau memang bakso menjadi makanan favorit mereka.Maka dari itu bakso merupakan salah satu pilihan bisnis yang bisa anda ambil apalgi anda menyajikan dalam bentuk tambahan yang berbeda yaitu bakso goreng, bakso keju, kornet bahkan ada yang kedai bakso yang penjual wanita-wanita cantik dan sexy yang tentu saja menarik pengunjung laki-laki.

Nah membaca peluang yang memiliki prospek yang bagus mereka bahkan menambah kan Warung bakso dengan penjual cantik dan seksi untuk menarik minat pembeli.Ditambah lagi jika usaha ini dibangun di daerah industri yang dihuni oleh orang-orang pendatang yang sibuk dengan kerja sehingga tak sempat lagi untuk memasak atau hanya ingin merasakan jajanan bakso.

1. Persiapan Usaha

Sebelum anda memulai usaha kafe gaul tentunya anda harus memperhatikan dan mempersiapkan bisnis ini untuk terjun dalam bisnis ini.
  • Lokasi atau tempat.Sobat seobisnis harus tahu dan tepat mencari tempat yang strategis sehingga ramai dengan pengunjung.
  • Modal yang harus anda persiapkan untuk mendapatkan keuntungan manage keuangan agar tidak terjadi kerugian.
  • Resep dan cita rasa khas dari bakso anda agar pengunjung ingin kembali ke warung anda.
  • Peralatan memasak tungku , mangkok dan lain-lain.Peralatan makan serta semua hal yang membuat pengunjung nyaman berada di warung anda seperti tisu, tusuk gigi (karena bahan makanan terbuat dari daging yang bisa terselip di gigi), kecap, saos atau anda tambahkan lontong dan kerupuk.
  • Anda bisa menambahkan jualan anda dengan minuman juice yang pastinya setiap orang yang makan bakso ingin minum.Ini bisa menjadi peluang anda menambah usaha anda dan meraup keuntungan lebih.
2. Hambatan

Ketika dalam menjalankan usaha selalu ada beberapa hambatan yang mungkin akan ditemui diantaranya sebagai berikut :
  • Makanan yang bisa basi atau hanya bisa bertahan hanya dalam sehari bisa membuat anda rugi.Buat perkiraan pengeluaran realistis pada awal memulai bisnis yang lama-lama nanti juga anda akan paham dan mengerti dan porsi untuk pembutan dalam sehari.Hal ini berguna untuk mengantisipasi kerugian yang mungkin akan timbul. 
  • Saingan yang banyak karena sekarang warung bakso sudah banyak berdiri terutama di daerah ramai yang tempatnya juga saling berdekatan.Persaingan adalah hal yang wajar dalam dunia bisnis.Oleh karena itu buat warung bakso anda semenarik mungkin dan berbeda dengan warung lainnya.Walaupun masih ada warung yang sama anda bisa memberikan service yang memuaskan pelanggan dan desain interior yang disukai oleh pelanggan.Bahkan seperti yang lagi viral di dunia maya sekarang punya ide setelah warung baksonya sepi timbul ide penjual bakso dengan berat 20 kg seharga satu juta yang tentu saja menark perhatian orang-orang karena ukuran baksonya yang luar biasa.
3. Strategi Bisnis

Dalam mengembangkan usaha anda harus dituntut untuk selalu berkreasi dan berinovasi agar bisnis anda akan terus maju.Berikut strategi bisnis yang bisa anda ikuti :
  • kenyamanan tempat ada kalanya sangat penting untuk tempat membeli makan sehingga penting bagi anda merancang tempat senyaman mungkin agar pembeli tidak pergi ke tempat lain.Untuk merancang kenyamanan bisa dengan design dengan cat warna-warni ,memutarvmusik favorit, atau anda menyediakan makanan lain seperti mie ayam, soto ditambah dengan lontong dan kerupuk.
  • Lokasi dan lokasi yang selalu bisa mendatangkan keuntungan tersendiri sehingga anda harus jeli dalam memilih lokasi untuk usaha anda.
  • Bersikap ramah dan good service kepada setiap pengunjung menjadi nilai plus bahkan yang kontroversial seperti yang kita utarakan diatas dengan penjual cantik dan seksi.atau anda bisa mencoba trik membesarkan ukuran bakso anda seperti di atas.
  • Promosi dan pemasaran dapat dilakukan dari mulut kemulut, pamflet, sms, brosur dan bbm.cara ini biasanya cukup efektif untuk menarik pengunjung.
  • Buat suasana warung menjadi nyaman bagi pengunjung.
  • Ciptakan nama menu-menu unik yang membuat konsumen tertarik untuk mencobanya.Miliki menu spesial yang menjadi ciri khas warung anda sehingga pengunjung akan datang kembali ke warung anda.
  • Buat harga dan menu yang tercantum jelas dan terjangkau.
4. Perkiraan Analisis Bisnis

Modal Awal

Peralatan :

Meja dan Kursi  -------------------------------------------------------- Rp 2.500.000
Papan Nama       -------------------------------------------------------- Rp    500.000
Peralatan Masak  ------------------------------------------------------- Rp 3.000.000
Jumlah                                                                                          Rp 6.000.000 

Peralatan akan mengalami penyusutan asumsikan selama lima tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp. 1.500.000 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus.Biaya penyusutan per tahun

(6.000.000 - 1.500.000)/5 tahun = 900.000/tahun ~ 75.000

Renovasi Tempat  -------------------------------------------------------- Rp 10.000.000
Lain-Lain               ------------------------------------------------------- Rp   2.000.000
Jumlah modal awal                                                                          Rp 20.000.000 

Perkiraan laba/rugi per bulan
Asumsi pendapatan Rp 50 Porsi/hari
30 hari x 50 orang x 10.000                                                            Rp 15.000.000

Biaya-Biaya
Penyusutan peralatan       ----------------------------------------------- Rp      75.000





Bahan bakso 30 hari x 350.000----------------------------------------- Rp  10.500.000
Biaya Penyusutan peralatan   ------------------------------------------ Rp       250.000
Transportasi                     -----------------------------------------------  Rp      800.000
Listrik, gas dan air            ----------------------------------------------- Rp      500.000
Dan lain-lain                     ----------------------------------------------- Rp      500.000
Jumlah                                                                                            Rp 12.550.000

Laba Bersih Rp 15.000.000 - Rp 12.550.000 = Rp 2.450.000  

Perkiraan Modal Kembali

 Rp 20.000.000 / 2.450.000 = 8,16 Bulan atau 8 Bulan

Demikianlah estimasi dalam memulai usaha Bisnis Warung Bakso secara lengkap dan terperinci kalaupun berbeda harganya di setiap daerah bisa anda sesuaikan dan ganti angkanya sesuai harga di daerah anda.
Bisnis Warung Bakso Bisnis Warung Bakso Reviewed by Fatma Jha on 6:13:00 AM Rating: 5

1 comment:

  1. Blogging is the new poetry. I find it wonderful and amazing in many ways.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.