Berbisnis Online Shop? Hindari 6 Hal Ini Demi Pendapatan Yang Stabil

SeoBisnis.Com - Online  shop alias toko online  merupakan salah satu jenis bisnis online  yang lagi booming saat ini. tak hanya pra penjual produk biasa, namun para pelaku MLM pun kini memasarkan produk lewat internet. Untuk menunjang pendapatan Anda agar tetap stabil dan terus meningkat, ada beberapa hal yang harus dihindari ketika Anda berbisnis toko online.

Baca Juga : 6 Tips Sukses Berjualan Di Marketplace

Hal-hal berikut ini sering dilakukan para pebisnis online  shop meskipun telah lama dan berpenghasilan besar. Nah, jika masih berkutat pada cara lama, maka bisnis online  Anda akan berjalan di tempat. Mungkin benar sekarang berpenghasilan besar, namun jika tidak diperbaiki sistem Anda, ke depannya tak akan jauh beda dengan toko offline. Simak rinciannya berikut ini.

1. Navigasi Toko Online  Yang Berantakan
Poin ini tertuju kepada Anda yang berbisnin lewat toko online  berupa website. Navigasi dalam situs atau blog tentunya berperan penting dalam memasarkan produk yang Anda jual. Navigasi yang berantakan akan membuat pengunjung bingungu. Persis seperti toko biasa, jika penataan barangnya berantakan tentu akan membuat pembeli bingung dan malas belanja lagi.

2. Pelayanan Yang Buruk
Meskipun tidak bertatap muka layaknya penjual di pasar, namun pelayanan toko online  harus tetap ramah. Karena pelayanan dimulai dari pembicaraan dengan calon pembeli, maka biaskanlah merespon chatting dengan sopan, mudah dibaca (tidak disingkat hingga sulit), dan tepat dalam penulisan tanda baca.

Pelanggan memang berbeda-beda. Ada yang enak diajak chatting, nyambung, tidak menawar. Namun ada juga yang ribet, cerewet dan menawar. Jika Anda sudah memiliki karyawan bagian costumer service, sesekali telitilah kinerjanya apakah sudah baik ataukah asal-asalan.

3. Deskripsi Produk  Berlebihan dan Bertele-tele
Deskripsi produk dalam toko online  memang wajib. Namun jika sudah berlebihan justru akan membuat pengunjung bosan dan malas membaca. Jelaskan saja secara singkat dan padat namun mengena.

Demikian pula para penjual produk di media sosial. Janganlah mendeskripsikan produk dengan manfaat yang berlebihan. Selain tidak sesuai produk, informasi Anda tergolong palsu dan penipuan.

4. Rekening Bank Kurang Banyak
Dalam berbisnis online , rekening bank sangatlah penting karena sebagai media pembayaran. Sementara para pembeli dan pengguna jasa Anda berbeda-beda rekening banknya. Agar mempermudah dan memberi kenyamanan bertransaksi, sebaiknya Anda memiliki lebih dari satu rekening bank. Bukalah rekening di bank-bank besar seperti Mandiri, BRI, BCA dan sejenisnya. Agar ketika pelanggan ingin membayar, mereka tidak menanggung beban transfer antar bank.

5. Petunjuk Pembelian Kurang Jelas
Kesalahan selanjutnya yang harus dihindari adalah petunjuk pembelian yang kurang jelas. Sibuk menata kata untuk menarik minat, tapi ketika minat ternyata cara belinya bagaimana, dimana, harganya berapa, tidak ada keterangan. Jadi perbaiki lagi iklan produk Anda agar lebih maksimal.


6. Tidak Disertai RIncian Harga dan Ongkir
Khusus bagi Anda yang berjualan online  tapi manual di Facebook dan platform media sosial lainnya, kebiasaan membicarakan harga lewat inbox adalah salah satu hal yang kurang praktis. Bayangkan betapa repotnya kalau Ada 10 calon pembeli dan Anda harus melayani obrolan soal harga di inbox padahal belum tentu mereka beli setelah harga disebutkan.

Ketika dalam deskripsi barang atau gambar produk sudah sekalian harganya, maka yang serius akan langsung bertanya “Kalau plus ongkirnya berapa?” Betul nggak? Jadi silakan dipikir ulang lagi, mendingan kerja keras atau kerja cerdas untuk melayani pembeli.

Mungkin masih ada yang kurang dari 6 kesalahan yang harus dihindari saar berbisnis online  shop ini? silakan diteliti lagi cara berbisnis Anda. Mana yang kurang segera perbaiki.

Berbisnis Online Shop? Hindari 6 Hal Ini Demi Pendapatan Yang Stabil Berbisnis Online  Shop? Hindari 6 Hal Ini Demi Pendapatan Yang Stabil Reviewed by Fatma Jha on 8:07:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.